Berkualitas, Berprestasi, Bersinergi 2019 / 2020


B I O S F E R

Kategori: XI-IPS - Jum`at, 19 September 2014 - dilihat 1865 kali

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki keanekaragaman spesies hewan yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. Secara geologis Indonesia terletak di jalur pertemuan 3 lempeng tektonik aktif dan secara astronomis terletak di equator. Hal ini menyebabkan kondisi geografis wilayahnya bermacam-macam mulai dari dataran rendah hingga pegunungan. Kondisi geografis tersebut yang menyebabkan jenis fauna di Indonesia beranekaragam sehingga Indonesia masuk ke dalam negara megabiodiversity ke 3 di dunia dibawah Brazil dan Zaire. Negara mega biodiversity adalah negara yang memiliki tingkat keankearagaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Seorang peneliti asal Inggris benama Alfred Russel Wallace meneliti tentang penyebaran jenis hewan di Indonesia dan kemudian membagi zona fauna Indonesia menjadi 3 bagian yaitu Indonesia Bagian Barat, Fauna Peralihan dan Indonesia Bagian Timur.

 

 Indonesia Barat

Fauna Indonesia barat meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. Fauna di wilayah ini memiliki karakteristik yang hampir sama denga fauna Asia. Hal tersebut dikarenakan pada zaman es daratan Indonesia barat menyatu dengan benua Asia sehingga fauna dari Asia dapat bemrigrasi di daerah tersebut. Pada saat es mencair daratan tersebut terpisah dan menyebabkan fauna yang berada di Indonesia tidak bisa kembali ke Asia. Beberapa fauna khas Indonesia bagian barat diantaranya: harimau sumatera, badak bercula satu, orang utan, bekantan, dan banteng jawa.

 

 

 

 Indonesia Tengah (Peralihan)

Fauna Indonesia tengah merupakan fauna yang tidak terdapat di Indonesia bagian barat dan timur sehingga disebut peralihan. Fauna di wilyah peralihan meliputi Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Fauna yang terdapat di wilayah ini diantaranya komodo, tapir, anoa dan burung maleo.

 

 

 

 

 Indonesia Timur

Fauna Indonesia bagian timur hampir mirip dengan fauna di Asutralia dikarenakan Irian dan Australia dahulu merupakan satu daratan. Fauna di wilayah ini diantaranya cenderawasih, merak, wallaby dan kasuari.

 

 

 

 

SELENGKAPNYA DOWNLOAD TAUTAN BERIKUT....

LATIHAN SOAL BIOSFER KLIK DI SINI