Berkualitas, Berprestasi, Bersinergi 2019 / 2020


PENGETAHUAN PERPETAAN

Kategori: X-IPA - Rabu, 21 Agustus 2019 - dilihat 1219 kali

PENGETAHUAN PETA
 

Peta adalah sebuah alat peraga, bisa berupa gambaran tentang tinggi rendahnya suatu daerah (topografi), penyebaran penduduk,curah hujan, penyebaran batuan (geologi),penyebaran jenis tanah (peta tanah atau soilmap) dan semua hal lain yang berhubungandengan kedudukannya dalarn ruang.

Dalam arti sempit peta adalah gambaran dari permukaan bumi, dalam skala tertentu dan digambarkan di atas bidang datar melalui sistem proyeksi. Peta mengandung arti komunikasi, artinya digunakan untuk mengirimkan pesan peta kepada pemakai peta. Pesan ini biasanya mempergunakan bahasa simbol/legenda agar mudah dimengerti.

Menurut Kegunaannya

Peta umum yaitu peta yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan, secara umum menggambarkan batas wi­layah, kota, bangunan, jalan; garis pantai, dan lain‑lain. 
Peta topografi (peta umum yang berskala besar) yang memperlihatkan unsur alarn (bentangan alam) dan unsur alam buatan manusia (bentangan budaya) di atas permuka­an bumi yang bersifat umum.

Atlas (peta umurn yang berskala kecil) yang dibukukan, contoh: atlas dunia

Peta khusus yaitu peta dipergunakan untuk maksud tertentu,

Peta tematik, merupakan peta yang menunjukkan hubungan ruang dalam bentuk atribut tunggal atau hubungan atribut seperti peta cuaca, pariwisata, vegetasi, geologi, relief tanah, politik, kependudukan, ekonomi, dan lain‑lain.

Kart, merupakdi downloadan peta yang didesain untuk keperluan pelayaran (navigasi, nautical dan aeronautical) dan untuk militer (peta strategis dan peta taktis)

Selengkapnya silahkan Download File di bawah ini...

KLIK DISINI

bisa juga di download di bawah ini

1. PENGETAHUAN DASAR PERPETAAN

2. JENIS JENIS PETA