Berkualitas, Berprestasi, Bersinergi 2019 / 2020


PENGINDERAAN JAUH & SIG

Kategori: X-IPA - Selasa, 1 Oktober 2019 - dilihat 1238 kali

PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI
 

Batasan Pengertian

 Lilesand dan Kiefer

merupakan ilmu atau teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang obyek, wilayah, atau gejala dengan cara menganalisis data-data yang diperoleh dari suatu alat, tanpa berhubungan langsung dengan obyek, wilayah, atau gejala yang sedang dikaji.

 Lindgren

penginderaan jauh adalah teknik yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut khusus berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan atau dipancarkan dari permukaan bumi.

 sensor atau pengindera

Alat yang digunakan dalam proses perolehan informasi gejala di permukaan bumi

 Citra

gambaran yang tampak dari suatu obyek yang sedang diamati, sebagai hasil liputan atau rekaman suatu alat pemantau

 Menurut Hornby

citra adalah gambaran yang tampak pada cermin atau melalui lensa kamera.

 Simonett 

citra adalah gambaran suatu obyek (biasanya berupa suatu gambaran pada foto) yang didapat dengan cara optik, elektro optik, optik mekanik, atau elektronik.

 Sensor Fotografik

berupa kamera foto yang dipasang pada pesawat udara atau pada satelit. Hasil sensor fotografik adalah foto. Jika sensor tersebut terpasang pada pesawat, maka hasil pemantauannya dinamakan foto udara. Sedangkan  jika alat sensornya terpasang pada satelit, maka hasil penampilannya dinamakan foto satelit

 Sensor Elektronik

berupa alat yang bekerja secara elektrik dengan pemrosesan menggunakan komputer. Citra yang dihasilkan sensor elektronik dinamakan citra penginderaan jauh

 

 

SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD FILE BERIKUT....